1-800-987-654 admin@totalwptheme.com

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Perusahaan menyadari bahwa keberhasilan suatu organisasi sangat tergantung pada keseimbangan yang dibuat antara organisasi perusahaan dengan warga dan lingkungan di sekitar organisasi perusahaan. Tanggung jawab sosial Perusahaan meliputi lingkungan hidup, praktik ketenagakerjaan, pengembangan social dan kemasyarakatan dan tanggung jawab produk. Hal ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan usahanya Perusahaan menerapkan konsep “Planet, People & Profit”.

Lingkungan Hidup

Kegiatan konkret Perusahaan dalam memenuhi tanggung jawab sosialnya adalah dengan menjalankan Clean Development Mechanism (CDM) dengan membangun Proyek Listrik Tenaga Biogas (PLTBG) yang mengubah air limbah Perusahaan menjadi energi listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik pabrik Perusahaan. Hal ini sejalan dengan Visi dan Misi Perusahaan untuk menjadi produsen berbahan dasar singkong terintegrasi dengan menerapkan konsep Lingkungan Hijau.

PLTBG Perusahaan telah terdaftar di UNFCCC (United Nations Framework Convention in Climate Change), juga akan menghasilkan kredit karbon yang dapat diperdagangkan di bursa iklim global. Dengan perkembangan pembangkit listrik tenaga biogas, Perusahaan akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

– Daya yang berkelanjutan.

– Pasokan listrik yang stabil.

– Efisiensi

Biaya untuk menghasilkan listrik dari pembangkit listrik tenaga bio gas jauh lebih murah daripada menggunakan generator berbahan bakar diesel dan / atau listrik yang disediakan oleh PLN. Listrik yang dihasilkan dari PLTBG sudah dapat memenuhi kurang lebih 70% dari total listrik yang dibutuhkan untuk memproduksi tapioka.

– Pengelolaan Lingkungan Bersih

Pemanfaatan limbah cair dari pabrik Perusahaan sesuai dengan program CDM.

– Pendapatan tambahan

Proyek PLTBG akan menghasilkan Certified Emission Reduction (CER) yang dibutuhkan oleh negara-negara maju untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. CER ini dapat dijual ke negara maju dan merupakan tambahan penghasilan lainnya kepada Perusahaan. Terkait dengan salah satu proyek PLTBG Perusahaan yakni yang berlokasi di Way Abung – Lampung, dimana pendanaannya pada saat pembangunan dibiayai oleh New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) yaitu sebesar JPY 402.139.501, pada tahun 2014, Perusahaan telah menyelesaikan seluruh kewajibannya kepada NEDO sesuai perjanjian awal berupa penyerahan CER yang dihasilkan dari PLTBG tersebut. CER tahap akhir yang diserahkan kepada NEDO dibukukan oleh Perusahaan sebagai pendapatan CER – bersih sebesar Rp 17,5 miliar pada tahun 2014.

Disamping itu, Perusahaan juga secara rutin melaporkan UKL/UPL, melakukan uji limbah cair, uji limbah B3, uji emisi cerobong, uji udara ambien, dan lainnya yang menunjang lingkungan hidup.

Praktik Ketenagakerjaan

Manajemen menyadari sumber daya manusia adalah tulang punggung di balik keberhasilan Perusahaan dan menyadari sepenuhnya bahwa sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat menunjang dalam keberhasilan setiap usaha Perusahaan.

Dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, maupun studi banding ke luar negeri serta menghadiri seminarseminar yang relevan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengaktualisasikan keahlian, bakat dan kompentasi karyawan yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi bagi kemajuan Perusahaan.

Perusahaan memperkerjakan karyawan dengan memperhatikan standar upah minimun yang berlaku dan kesejahteraan karyawan. Untuk lebih memberikan motivasi bagi karyawan, Perusahaan memberikan sarana dan tunjangan yang antara lain berupa penyediaan rumah dinas dan mess, kendaraan dinas, fasilitas ibadah, tunjangan transportasi dan makan, kantin, rekreasi bersama, tunjangan hari raya serta pemberian insentif bagi karyawan yang telah menunjukkan prestasi dan kontribusi bagi Perusahaan.

Keselamatan kerja juga menjadi perhatian Perusahaan, kelengkapan dan kelayakan sarana pengamanan seperti safety helmet, safety shoes, ear plug, full body hardness, sarung tangan, masker, penutup rambut, kaca mata pelindung, dan lainnya disediakan oleh Perusahaan untuk memberikan perlindungan kerja bagi karyawan.

Perusahaan juga menyadari kesehatan merupakan faktor penting bagi karyawan. Untuk menfasilitasi hal tersebut, selain dalam bentuk tunjangan kesehatan, Perusahaan juga memiliki klinik kesehatan yang berlokasi di Lampung dan buka selama 1 x 24 jam, dimana seluruh biaya pemeriksaan dan obat-obatan menjadi tanggungan Perusahaan.

Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

Keharmonisan antara Perusahaan dan masyarakat disekitarnya terus dijaga dengan baik. Berbagai aktivitas konkrit yang telah dijalankan Perusahaan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat antara lain :

– Bantuan paket lebaran, paket kebutuhan pokok (sembako) dan pemberian sapi kepada masyarakat.

– Penyaluran qurban dan zakat fitrah, pembangunan mesjid, bantuan acara halal bihalal,

– Bantuan sumbangan untuk HUT-RI ke desa-desa dan kecamatan-kecamatan.

– Bantuan sumbangan untuk karang taruna.

– Bantuan listrik untuk pompa desa.

– Sumbangan kepada masyarakat dalam memperbaiki jalan untuk menghindari kerusakan jalan yang lebih parah, membangun badan jalan, penimbunan rawa-rawa pemasangan goronggorong serta pembuatan jembatan.

Tanggung Jawab Produk

Kualitas produk merupakan salah satu kunci kesuksesan Perusahaan. Untuk itu, manajemen Perusahaan menerapkan manajemen mutu agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas. Untuk itu, Perusahaan memiliki tim quality control yang membantu manajemen dalam hal mutu produk. Disamping itu, secara berkala Perusahaan juga melakukan sertifikasi atas produk Perusahaan, melakukan uji produk di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), melakukan sertifikasi halal, uji analisa sampling produk, melakukan tera ulang timbangan, dan lainnya terkait dengan tanggung jawab produk.