1-800-987-654 admin@totalwptheme.com

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Perusahaan menyadari bahwa keberhasilan suatu organisasi sangat tergantung pada keseimbangan yang dibuat antara organisasi perusahaan dengan warga dan lingkungan di sekitar organisasi perusahaan. Tanggung jawab sosial Perusahaan meliputi lingkungan hidup, praktik ketenagakerjaan, pengembangan social dan kemasyarakatan dan tanggung jawab produk. Hal ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan usahanya Perusahaan menerapkan konsep “Planet, People & Profit”.

Lingkungan Hidup

Kegiatan konkret Perusahaan dalam memenuhi tanggung jawab sosialnya adalah dengan menjalankan Praktek Bisnis yang Ramah Lingkungan. Praktek Bisnis yang Ramah Lingkungan

  • Konsep tidak ada limbah (zero-waste concept)
  • Limbah cair dikonversi menjadi listrik dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBG) daripada dibuang dan berpotensi merusak lingkungan.
  • Limbah padat (kulit dan ampas singkong) dikonversi menjadi pupuk organik dan makanan ternak.
  • Investasi di teknologi yang ramah lingkungan
  • Membangun PLTBG yang dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dengan mengubah penggunaan energi dari semula yang berbasis batubara menjadi energi yang berbasis biogas yang dihasilkan dari limbah cair pabrik tapioka serta mengurangi biaya energi. Juga mengurangi polusi bau tidak sedap yang berasal dari limbah cair.

Praktik Ketenagakerjaan

Manajemen menyadari sumber daya manusia adalah tulang punggung di balik keberhasilan Perusahaan dan menyadari sepenuhnya bahwa sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat menunjang dalam menunjang keberhasilan setiap usaha Perusahaan. Dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, maupun studi banding ke luar negeri serta menghadiri seminar seminar yang relevan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengaktualisasikan keahlian, bakat dan kompentasi karyawan yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi bagi kemajuan Perusahaan. Perusahaan memperkerjakan karyawan dengan memperhatikan standar upah minimun yang berlaku dan kesejahteraan karyawan. Untuk lebih memberikan motivasi bagi karyawan, Perusahaan memberikan sarana dan tunjangan yang antara lain berupa penyediaan rumah dinas dan mess, kendaraan dinas, fasilitas ibadah, tunjangan transportasi dan makan, kantin, rekreasi bersama, tunjangan hari raya serta pemberian insentif bagi karyawan yang telah menunjukkan prestasi dan kontribusi bagi Perusahaan. Keselamatan kerja juga menjadi perhatian Perusahaan, kelengkapan dan kelayakan sarana pengamanan seperti safety helmet, safety shoes, ear plug, full body hardness, sarung tangan, masker, penutup rambut, kaca mata pelindung, dan lainnya disediakan oleh Perusahaan untuk memberikan perlindungan kerja bagi karyawan. Perusahaan juga menyadari kesehatan merupakan faktor penting bagi karyawan. Untuk menfasilitasi hal tersebut, selain dalam bentuk tunjangan kesehatan, Perusahaan juga memiliki klinik kesehatan yang berlokasi di Lampung dan buka selama 1 x 24 jam, dimana seluruh biaya pemeriksaan dan obat-obatan menjadi tanggungan Perusahaan.

Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

Selain memberikan lapangan pekerjaan dan kesempatan bisnis, Perusahaan melakukan berbagai upaya CSR bagi masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik Perusahaan dalam bentuk :

  • Bantuan paket kebutuhan pokok (sembako), ternak, atau dalam bentuk lainnya. http://www.lampost.co/berita-pt-bssw-tulangbawang-bagikan-2000-paket-sembako-gratis.html
  • Pembangunan mesjid serta penyaluran qurban, zakat fitrah, dan acara halal bihalal. Bantuan untuk mendukung organisasi kepemudaan, karang taruna untuk mengembangkan dan mendukung program sosial.
  • Membangun infrastruktur pedesaan (pompa, jalan, selokan, dan lainnya) untuk meningkatkan kualitas hidup bagi warga desa.
  • Mengembangkan dan memasok benih singkong yang berkualitas tinggi untuk para petani guna memastikan peningkatan produktivitas dan dengan demikian memperoleh penghasilan yang lebih tinggi.

Tanggung Jawab Produk

Kualitas produk merupakan salah satu kunci kesuksesan Perusahaan. Untuk itu, manajemen Perusahaan menerapkan manajemen mutu agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas. Untuk itu, Perusahaan memiliki tim quality control yang membantu manajemen dalam hal mutu produk. Disamping itu, secara berkala Perusahaan juga melakukan sertifikasi atas produk Perusahaan, melakukan uji produk di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), melakukan sertifikasi halal, uji analisa sampling produk, melakukan tera ulang timbangan, dan lainnya terkait dengan tanggung jawab produk.