1-800-987-654 admin@totalwptheme.com

Dewan Komisaris

Dewan Komisaris adalah Organ Perseroan yang bertugas melakukan pengawasan secara umum dan/ atau khusus sesuai dengan anggaran dasar serta memberi nasihat kepada Direksi.

Struktur Dewan Komisaris

Dewan Komisaris Perseroan terdiri dari tiga orang, dimana satu diantaranya merupakan Komisaris Independen. Jumlah ini sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 33/POJK.04/2014 yang menetapkan jumlah Komisaris Independen wajib paling kurang 30% (tiga puluh persen) dari jumlah seluruh anggota Dewan Komisaris.

Dewan Komisaris terdiri atas :

Presiden Komisaris            : Widarto

Komisaris                              : Oey Alfred

Komisaris Independen     : Daniel Kandinata

Perusahaan telah memiliki Pedoman Kerja Dewan Komisaris sebagai acuan Dewan Komisaris dalam mengatur dan menjalankan Perusahaan sesuai dengan anggaran dasar, kode etik Perusahaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tugas dan Tanggung Jawab Dewan Komisaris

Dewan Komisaris wajib melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan itikad baik dan dengan prinsip kehati-hatian dalam melakukan pengawasan atas kebijakan pengurusan, jalannya pengurusan pada umumnya, baik mengenai Perseroan maupun usaha Perseroan, dan memberi nasihat kepada Direksi.

Dewan Komisaris menjalin dan menjaga hubungan baik dan efektif dengan Direksi melalui pertemuan tahunan dan rapat regular yang dilengkapi dengan meeting insidentil. Serta, dalam rangka mendukung efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya, Dewan Komisaris wajib membentuk Komite Audit dan dapat membentuk komite lainnya serta wajib melakukan evaluasi terhadap kinerja komite yang membantu pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya setiap akhir tahun buku.

Dewan Komisaris dapat juga mengambil keputusan-keputusan yang sah dan mengikat tanpa mengadakan Rapat Dewan Komisaris, apabila semua anggota Dewan Komisaris telah diberitahukan secara tertulis tentang usul-usul yang bersangkutan dan semua anggota Dewan Komisaris telah memberikan persetujuan mengenai usul yang diajukan secara tertulis serta menandatangani persetujuan tersebut. Keputusan yang diambil dengan cara demikian mempunyai kekuatan yang sama dengan keputusan yang diambil sah dalam Rapat Dewan Komisaris.

Prosedur Penetapan dan Besarnya Remunerasi Anggota Dewan Komisaris.

Ketentuan tentang besarnya gaji atau honorarium dan tunjangan lainnya bagi anggota Dewan Komisaris ditetapkan oleh RUPS dengan mempertimbangkan usulan dari Dewan Komisaris yang mendasarkan usulan tersebut atas rekomendasi dari Komite Nominasi dan Remunerasi Perusahaan dan berdasarkan pencapaian hasil serta fungsi masing-masing individu.

Frekuensi Rapat Dewan Komisaris

Pertemuan Rapat Dewan Komisaris bersama Direksi dapat diadakan oleh seorang Anggota Dewan Komisaris atau lebih atau atas permintaan tertulis dari seorang anggota Direksi atau lebih atau atas permintaan dari 1 (satu) pemegang saham atau lebih yang bersama-sama mewakili 1/10 bagian atau lebih dari seluruh jumlah saham Perseroan dengan hak suara yang sah. Rapat Dewan Komisaris dapat pula diadakan setiap waktu bilamana:

  1. Dipandang perlu oleh seorang atau lebih anggota Dewan Komisaris; atau
  2. Dipandang perlu oleh seorang atau lebih anggota Direksi; atau
  3. Atas permintaan tertulis dari 1 (satu) atau lebih pemegang saham yang bersama-sama mewakili 1/10 (satu per sepuluh) atau lebih dari jumlah seluruh saham dengan hak suara yang sah.

Penilaian Kinerja Dewan Komisaris

Prosedur Pelaksanaan Penilaian Kinerja

Mekanisme penilaian kinerja Dewan Komisaris dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Kinerja Dewan Komisaris berdasarkan tugas dan wewenang yang tercantum dalam Anggaran Dasar Perusahaan.

Kriteria yang Digunakan

Kriteria penilaian yang digunakan adalah berdasarkan laporan pertanggung jawaban Dewan Komisaris kepada para Pemegang Saham atas tugas pengawasan terhadap jalannya operasi Perusahaan dalam tahun berjalan.

Pihak yang Melakukan Penilaian

Pihak yang melakukan penilaian terhadap kinerja Dewan Komisaris adalah para Pemegang Saham dalam RUPS.